Juara II Kontes Mobil Hemat Energi

Persediaan bahan bakar di Indonesia yang mulai menipis, sementara kebutuhan energi yang semakin meningkat menyebabkan energi menjadi permasalahan yang ada di dunia termasuk Indonesia. Hal tersebut menuntut kita untuk berpikir bagaimana cara mengatasi krisis energi tersebut, diantaranya dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar .


Mahasiswa sebagai agent of change  hendaknya juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya penanggulangan krisin energi yang telah melanda dunia termasuk Indonesia. Salah satunya dapat diwujudkan dalam sebuah kretifitas mahasiswa yaitu dalam Kontes Mobil Hemat Energi. Kontes Mobil Hemat Energi merupakan sebuah lomba kendaraan hemat energi tingkat nasional. Yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Universitas,Institut atau Politeknik yang ada di Indonesia dengan cara memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan .Peserta dituntut agar menggunakan skill nya untuk mewujudkan karya berupa kendaraan hemat energi . Ada dua kategori yang akan dilombakan yaitu :

  1. Prototype :  kendaraan  masa depan dengan desain yang memaksimalkan aspek aeodinamika untuk keperluan lomba. Kelas bahan bakar : Bensin, Diesel, Etanol, Listrik.
  2. Urban Concept : kendaraan  roda empat yang tampilannya mirip mobil pada umumnya . Kelas bahan bakar : Bensin, Diesel, Etanol, Listrik.

Kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan yang  positif  yang dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hemat energi. Dari kegiatan ini Mahasiswa Jurusan Teknik dapat membuktikan dan mendapatkan gelar Juara II lomba KMHE berskala Nasional.