SPECTACULAR TECHNIQUE IN COMPETITION (STIC) III

Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, otomatisasi lambat laun semakin gencar diwujudkan dan akan menyebabkan lapangan pekerjaan semakin menipis. Ancaman peluang lapangan pekerjaan di Indonesia yang semakin menipis tentunya akan sangat mengkhawatirkan. Untuk itu perlu adanya ajang kegiatan yang bertujuan membentuk sumber daya manusia yang kreatif sehingga memiliki daya saing yang tinggi salah satunya melalui kompetisi.

 

            Design merupakan suatu kegiatan kreatif yang menggambarkan keaneka ragaman dari bentuk kualitas, proses, pelayanan dan sistem, seperti pada sebuah lingkaran yang saling berhubungan. Tak hanya itu, design bisa di sebut juga sebagai faktor yang membentuk kegiatan inovasi pemanusiaan teknologi, dinamika budaya dan perubahan ekonomi.Ketika memasuki dunia kerja, nilai karya berbentuk design memiliki harga yang cukup tinggi sehingga designer sangat dicari dalam dunia kerja.Perlu diadakan upaya untuk meningkatkan ketertarikan publik terhadap design.

 

            Selain itu, lambat laun cadangan minyak bumi semakin menipis. Hal itu, terlihat dari cadangan minyak bumi Indonesia yang saat ini hanya sekitar 3,3 miliar barel. Biogas, panas bumi, energi surya, energi air, energi laut, dan energi angin adalah beberapa alternatif sumber energi pengganti minyak bumi (Energi Terbarukan) yang punya potensi besar di Indonesia.“Energi-energi yang belum dimanfaatkan masih banyak. Dari total energi terbarukan yang kita punya saat ini sebesar 441,7 GW baru terpasang atau dimaksimalkan sebanyak 9,29 GW, ini baru dua persennya. Artinya banyak kendala dan tantangan yang harus kita lihat dan perbaiki,” ujar Mustaba Ari, Kepala Sub Bidang Pengawasan Infrastruktur Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, kepada Greeners saat ditemui dalam acara ICCTF Day di Jakarta 18 Agustus 2018 lalu.Untuk memaksimalkan potensi Energi Terbarukan di Indonesia, diperlukan sumber daya manusia yang banyak dan mumpuni dalam bidang tersebut. Berkaitan dengan ini, perlu diadakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sedini mungkin agar mengerti apa yang harus dilakukan atau lebih tepatnya memiliki gambaran kedepan yang lebih jelasmengenai Energi Terbarukan.

 

            Kemudian dalam dunia otomotif, para mekanik yang berkualitas memiliki harga yang sangat tinggi.Untuk membentuk bibit unggul mekanik yang berkualitas diperlukan adanya salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia.Dengan tujuan melatih mental agar terbentuk sifat disiplin yang tinggi, kemampuan yang mumpuni, dan kompetitif dalam dunia kerja.      

            Berkaitan dengan itu semua, maka Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik POLIJE dengan 2 program studinya yaitu Teknik Energi Terbarukan dan Teknik Mesin Otomotif yang masing-masing berbasis energi dan mesin mengadakan agenda tahunan yaitu Spectacular Technique In Competition (STIC) III bertemakan “REALIZE THE MILLENNIAL GENERATION THAT EXCELS IN ACHIEVEMENT” dengan 3 serangkaian kegiatan yaitu Spectacular Engineering Design Competition (SPENDESC), Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Prototype (LKTI dan Prototype), dan Mechanical of Automotive Skill Competition (MASCO).

 

Tema kegiatan STIC III yaitu Realize The Millennial Generation That Excels In Achievement, dengan empat kegiatan di dalamnya yaitu:

  1. Lomba Spectacular Engineering Design Competition (SPENDESC) dengan tema Konservasi Lingkungan”dengan Sub Tema :
  • Energi
  • Flora dan Fauna
  • Teknologi
  • Kesehatan
  1. Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Prototype dengan tema Renewable Energy Application”.
  2. Lomba Mechanical of Automotive Skill Competition (MASCO) dengan tema A Competition to Reach the Best Achievement.